Review New CBR150R dan beberapa pertanyaan penting
Tampilan n Fungsionalitas:
- Motor ini tampil lebih fresh dari old cbr 150 (yg udah diskontinyu) dengan body plan yang sama dengan cbr 250, generasi Honda VFR1200, dengan desain headlamp jadi satu dan multi layer fairing
- Pelek depan belakang baru + ban dengan lebar 100 dan 130 membuat penampilan makin "moge"
- disediakan bagasi mini pada jok boncenger, bisa muat Tool kit dan jas hujan loh (motor ane malah isinya Ballast + toolkit + jas hujan)
- Jok bertingkat baru yang cukup ergonomis tapi keras
- Lampu depan spek 55/60 watt, terang bangeet, kalo kurang terang, ganti HID aj
- g ada fitur engine cut off + beam switch tapi bisa pake saklar punya rxking
- Fitur AHO g guna
- Adanya rear hugger (behel belakang) berfungsi besar buat parkir, biar bisa geser2 pantat (ninin250 kalah dlm urusan parkir)
Riding Position:
- Dengan tinggi cuma 167cm, kaki ane dua2nya bisa nyampe tapi jinjit, g terlalu jinjit, jok lebih tinggi dari ninin250 n CBR250
- Foot peg untuk rider udah kerasa kesan sport, klo situ mau pake buat miring2 di aspal, bisa kok, tanpa pakai footpeg (uderbone) racing, cuma lebih rekomended pake footpeg racing aja klo mau dibuat balap
- foot peg buat boncenger (khususnya cewek) dirasa agak tinggi dan menyusahkan klo tinggi boncenger <160cm, klo hujan, ban belakang bakal nyipratin air kotor ke kaki
- Posisi setang udah manteb buat harian, ane g kerasa terlalu nunduk kok pas nyemplak ni motor, kalo mau nunduk2 (tucking) juga bisa, setengah kepala bakal ketutupan windshield
Performa Mesin:
- High Revving Engine type
- Mesin dengan tenaga sekitaran 17hp (on wheel cuma 16,8) saya rasa g bakal memuaskan hasrat speed lover.
- Akselerasi lebih bgus dri vixion, data akselerasi dari 0-60 dan 0-100 g ada
- Top speed yakin bisa 160km/h, dari video u tub ada yg 165km/h, tapi jgn percaya, soalnya speedometer digitalnya juga dikasi marginal error kok, jadi blm tentu klo d ukur pake gps segitu.. *error 10% kata TMCblog.. ane baru nyentuh 152km/j
- Radiator udah OK, selalu berada pada level 3 bar mau macet or g
- pedal Koplingnya enteng, lebih enteng dari old cibi150
- Mesin responsif khas injeksi, tapi tarikan baru kerasa pas jarum rpm nyentuh > 6000rpm, pas lewat dari 10rb rpm tenaganya kerasa hoax (ya maklum udah mau nyentuh redline sih
- ECU sistem Cloose Loop "Pinter" bagus klo g di oprek, klo di oprek ni ECU ngeselin, sama ngeselinnya kaya setting karbu PE28SUDCO or PWK
Handling dan Braking:
- Untuk handling saya rasa udah cukup mumpuni tanpa harus pake settingan macam rebound dan damper
- Suspensi monoshock belakang yg blm sistem prolink terasa empuk, cocok buat turing dan sehari2, tapi klo dibawa track day juga masih ok, soalnya tergantung settingan tiap rider juga doyan karakter seperti apa.
- Minim gejala rear wheel slide
- Motor ini lebar, kurang cocok buat selap selip lalu lintas padat
- Weight distribution terlalu ke depan, jadi wajar klo rem depan cepet abis kampasnya, dan jangan heran klo dipakai track day (balap), ketika salah perhitungan jalur masuk corner bakal kerasa understeer
- Rem depan sudah OK, tapi klo kampas rem pake punya tiger kerasa bedanya jauh.
- Rem depan cepet abis (tergantung yang pake) ada user yang pake di kilo 2000an uda mau habis, ane pake di kilo 4500an baru habis dan temen ane pake di kilo 8000* baru abis
Konsumsi BBM
rata2 user banyak dapet di angka 1:40 dengan BBM oktan 92
ane pernah dapet 1:60 pake shell super extra, kondisi buat turing malem2 jam1 SBY-Malang Tanpa Macet, jalanan pull sepinya, gas konstant terus2an mpe gila di Rpm 7000, g pernah lebih dari itu, speed maximal 100km/jam *dan sekarang g pernah dapet segitu lagi
**skrg konsumsi BBM lagi ane ulangin pake shellsuperextra nih buat keadaan dipake sehari2**
[Update] 1liter:41,7km
Saran penyajian/FAQ:
- selalu cek level ketinggian radiator coolant dan ketegangan rantai tiap 500km sekali
- banyak user mengeluh tentang spion yang terlalu lebar, bisa ganti pake minerva vx150 or ninin250
- klo mau beli testdrive dulu biar cocok
- banyak juga yg bilang rantainya berisik, makanya dilumasi dan juga jaga kerenggangan rantai, or ganti pake rantai DID
- ada yg overheat sampe 5bar temperaturnya saat macet, penyebabnya bisa dari level air radiator yg kurang, cara pengoprasian, dan oli mesin, saran sih klo pake SPX ganti tiap 2000an km.
- Klo ganti snalpot, coba di dyno dulu, liat naik g tenaga n torsinya, soalnya ada yg pake snalpot aftermarket tapi power drop, AFR kacau saran sih pake piggy or Stand Alone ECU biar sekalian di set AFRnya (*R9 motegi ada yg bilang udah plek g masalah tanpa piggyback tapi closed filter(standar) ya untuk throttle body)
- ada juga yg pake snalpot DBS special order, AFRnya cuma berubah dikit di angka 1:13,5, power naik, torsi naik..
- Jangan isi premium, menyumbat injektor
- Habis lewat 500km pertama, bunyi ngiiiiiiing di tangki pas nyala dan baru mati klo mesin mati, itu wajar, ane g tau penyebabnya apa, mungkin kinerja pompa injektor yg uda menyesuaikan umur optimal pakainya
- Fitur AHO bisa di kasih switch kok, jadi klo misal mau masuk mall pas ngantri tiket parkir, lampu utama bisa dimatiin... klo mau bikin cuma bekal duit 15rb aja uda bisa (beli switch yang bagus saran ane biar g konslet) tapi ini bikin garansi kelistrikan ilang...
- Selalu panasin mesin dulu sblm dipakai, saran panasin sampe 2 bar dah cukup
- Merk kampas rem depan yg worthed Bendix ceramic composite, gw uda pake sampe 10rb km dan g ada masalah
- ukuran maks ban depan 120/60 or 120/70 buat depan, belakang 150/70-60 dan klo mau nekat pake 160/60 jg bisa, klo dari gw sih saran pake ban ukuran standar
- untuk ban, yg uda manteb sih banyak pake Battlax BT16 sama S20 (ane vote S20) itu dah worthed, klo pake yg lain kaya michelin bisa pake seri pilot sporty, klo pirelli ane abru cb yg diablo tu manteb, yg DUnlop baru sportmax (ane paling suka yg ini) terus yg lebih manteb lagi ada Battlax R10
NewCBR150 = ada Versi AHM dan Versi Importir Umum Thailand
Persamaan:
- Build quality
- Tenaga dan Torsi yg dihasilkan
- status CBU (blm ada versi CKD)
Perbedaan:
- Versi AHM ada dudukan plat nomer depan, yg IU g ada
- Versi AHM setting ECU mapnya memungkin kan untuk diminumi premium KALO KEPEPET, sedangkan IU jangan dicoba
- Versi IU ada penangkap uap bahan bakar di tangkinya, sedangkan yg AHM g ada
- Warna livery yang berbeda, AHM cuma 4 option color, IU lebih bervariasi
Tampilan n Fungsionalitas:
- Motor ini tampil lebih fresh dari old cbr 150 (yg udah diskontinyu) dengan body plan yang sama dengan cbr 250, generasi Honda VFR1200, dengan desain headlamp jadi satu dan multi layer fairing
- Pelek depan belakang baru + ban dengan lebar 100 dan 130 membuat penampilan makin "moge"
- disediakan bagasi mini pada jok boncenger, bisa muat Tool kit dan jas hujan loh (motor ane malah isinya Ballast + toolkit + jas hujan)
- Jok bertingkat baru yang cukup ergonomis tapi keras
- Lampu depan spek 55/60 watt, terang bangeet, kalo kurang terang, ganti HID aj
- g ada fitur engine cut off + beam switch tapi bisa pake saklar punya rxking
- Fitur AHO g guna
- Adanya rear hugger (behel belakang) berfungsi besar buat parkir, biar bisa geser2 pantat (ninin250 kalah dlm urusan parkir)
Riding Position:
- Dengan tinggi cuma 167cm, kaki ane dua2nya bisa nyampe tapi jinjit, g terlalu jinjit, jok lebih tinggi dari ninin250 n CBR250
- Foot peg untuk rider udah kerasa kesan sport, klo situ mau pake buat miring2 di aspal, bisa kok, tanpa pakai footpeg (uderbone) racing, cuma lebih rekomended pake footpeg racing aja klo mau dibuat balap
- foot peg buat boncenger (khususnya cewek) dirasa agak tinggi dan menyusahkan klo tinggi boncenger <160cm, klo hujan, ban belakang bakal nyipratin air kotor ke kaki
- Posisi setang udah manteb buat harian, ane g kerasa terlalu nunduk kok pas nyemplak ni motor, kalo mau nunduk2 (tucking) juga bisa, setengah kepala bakal ketutupan windshield
Performa Mesin:
- High Revving Engine type
- Mesin dengan tenaga sekitaran 17hp (on wheel cuma 16,8) saya rasa g bakal memuaskan hasrat speed lover.
- Akselerasi lebih bgus dri vixion, data akselerasi dari 0-60 dan 0-100 g ada
- Top speed yakin bisa 160km/h, dari video u tub ada yg 165km/h, tapi jgn percaya, soalnya speedometer digitalnya juga dikasi marginal error kok, jadi blm tentu klo d ukur pake gps segitu.. *error 10% kata TMCblog.. ane baru nyentuh 152km/j
- Radiator udah OK, selalu berada pada level 3 bar mau macet or g
- pedal Koplingnya enteng, lebih enteng dari old cibi150
- Mesin responsif khas injeksi, tapi tarikan baru kerasa pas jarum rpm nyentuh > 6000rpm, pas lewat dari 10rb rpm tenaganya kerasa hoax (ya maklum udah mau nyentuh redline sih
- ECU sistem Cloose Loop "Pinter" bagus klo g di oprek, klo di oprek ni ECU ngeselin, sama ngeselinnya kaya setting karbu PE28SUDCO or PWK
Handling dan Braking:
- Untuk handling saya rasa udah cukup mumpuni tanpa harus pake settingan macam rebound dan damper
- Suspensi monoshock belakang yg blm sistem prolink terasa empuk, cocok buat turing dan sehari2, tapi klo dibawa track day juga masih ok, soalnya tergantung settingan tiap rider juga doyan karakter seperti apa.
- Minim gejala rear wheel slide
- Motor ini lebar, kurang cocok buat selap selip lalu lintas padat
- Weight distribution terlalu ke depan, jadi wajar klo rem depan cepet abis kampasnya, dan jangan heran klo dipakai track day (balap), ketika salah perhitungan jalur masuk corner bakal kerasa understeer
- Rem depan sudah OK, tapi klo kampas rem pake punya tiger kerasa bedanya jauh.
- Rem depan cepet abis (tergantung yang pake) ada user yang pake di kilo 2000an uda mau habis, ane pake di kilo 4500an baru habis dan temen ane pake di kilo 8000* baru abis
Konsumsi BBM
rata2 user banyak dapet di angka 1:40 dengan BBM oktan 92
ane pernah dapet 1:60 pake shell super extra, kondisi buat turing malem2 jam1 SBY-Malang Tanpa Macet, jalanan pull sepinya, gas konstant terus2an mpe gila di Rpm 7000, g pernah lebih dari itu, speed maximal 100km/jam *dan sekarang g pernah dapet segitu lagi
**skrg konsumsi BBM lagi ane ulangin pake shellsuperextra nih buat keadaan dipake sehari2**
[Update] 1liter:41,7km
Saran penyajian/FAQ:
- selalu cek level ketinggian radiator coolant dan ketegangan rantai tiap 500km sekali
- banyak user mengeluh tentang spion yang terlalu lebar, bisa ganti pake minerva vx150 or ninin250
- klo mau beli testdrive dulu biar cocok
- banyak juga yg bilang rantainya berisik, makanya dilumasi dan juga jaga kerenggangan rantai, or ganti pake rantai DID
- ada yg overheat sampe 5bar temperaturnya saat macet, penyebabnya bisa dari level air radiator yg kurang, cara pengoprasian, dan oli mesin, saran sih klo pake SPX ganti tiap 2000an km.
- Klo ganti snalpot, coba di dyno dulu, liat naik g tenaga n torsinya, soalnya ada yg pake snalpot aftermarket tapi power drop, AFR kacau saran sih pake piggy or Stand Alone ECU biar sekalian di set AFRnya (*R9 motegi ada yg bilang udah plek g masalah tanpa piggyback tapi closed filter(standar) ya untuk throttle body)
- ada juga yg pake snalpot DBS special order, AFRnya cuma berubah dikit di angka 1:13,5, power naik, torsi naik..
- Jangan isi premium, menyumbat injektor
- Habis lewat 500km pertama, bunyi ngiiiiiiing di tangki pas nyala dan baru mati klo mesin mati, itu wajar, ane g tau penyebabnya apa, mungkin kinerja pompa injektor yg uda menyesuaikan umur optimal pakainya
- Fitur AHO bisa di kasih switch kok, jadi klo misal mau masuk mall pas ngantri tiket parkir, lampu utama bisa dimatiin... klo mau bikin cuma bekal duit 15rb aja uda bisa (beli switch yang bagus saran ane biar g konslet) tapi ini bikin garansi kelistrikan ilang...
- Selalu panasin mesin dulu sblm dipakai, saran panasin sampe 2 bar dah cukup
- Merk kampas rem depan yg worthed Bendix ceramic composite, gw uda pake sampe 10rb km dan g ada masalah
- ukuran maks ban depan 120/60 or 120/70 buat depan, belakang 150/70-60 dan klo mau nekat pake 160/60 jg bisa, klo dari gw sih saran pake ban ukuran standar
- untuk ban, yg uda manteb sih banyak pake Battlax BT16 sama S20 (ane vote S20) itu dah worthed, klo pake yg lain kaya michelin bisa pake seri pilot sporty, klo pirelli ane abru cb yg diablo tu manteb, yg DUnlop baru sportmax (ane paling suka yg ini) terus yg lebih manteb lagi ada Battlax R10
NewCBR150 = ada Versi AHM dan Versi Importir Umum Thailand
Persamaan:
- Build quality
- Tenaga dan Torsi yg dihasilkan
- status CBU (blm ada versi CKD)
Perbedaan:
- Versi AHM ada dudukan plat nomer depan, yg IU g ada
- Versi AHM setting ECU mapnya memungkin kan untuk diminumi premium KALO KEPEPET, sedangkan IU jangan dicoba
- Versi IU ada penangkap uap bahan bakar di tangkinya, sedangkan yg AHM g ada
- Warna livery yang berbeda, AHM cuma 4 option color, IU lebih bervariasi