Tips Penting Ketika Membeli CBR 150 Bekas

Tips Penting Ketika Membeli CBR 150 Bekas


1. Pernah jatuh atau tidak? kalo bekas jatuh gampang liatnya,,coba liat di tutup master rem depan/tempat minyak rem depan yg letaknya ada di stang sebelah kanan nah kalo itu baret/kekikis kemungkinan uda pernah jatoh kenapa gw bisa bilang bgtu?soalnya pengalaman,gw n temen gw jatoohnya kenceng n pasti tutup itu baret (mau jatohnya ke kanan/kekiri)

2.Cek suara mesin pakah kasar atau tidak

3. Tanya record bngkel servisnya dmn?trus samperin bngkelnya dl trus tanya ke mekanik yg biasa nanganin motornya,dari situ bisa ketahuan tuh motor uda kenapa n ngpain aja?

4. Coba bawa mekanik cbr recomen dr teman' anda / mekanik kepercayaan anda bro..

5. Cek surat2 nya dulu, bpkb, stnk, faktur A(klo ga ada ini biasanya susah dijual ato dijual murah), nomer rangka , nomer mesin

Menurut Pendapat dan masukan dari konsumen CBR lainnya :

1) General Check Up, selain check2 diatas yang udah disinggung suhu2 sebelumnya, check juga kelengkapan baut yang nempel di CBRnya juga, soalnya biasanya ada juga yang gk lengkap. Terus liat kira2 tuh baut sewarna/sejenis ato gk, biasanya klo yang ngerawatnya rapih pih pih bin ciamik, baut fairingnya sejenis, baut footstep sejenis, pokoknya baut2 setiap sektor2 CBR yang ada tuh sejenis/sewarna. Tapi biasanya hal begini sih gk begitu masalah lah masalah baut, cuman baiknya diliat aja.

2) Terus liat keadaan body dan penampilan keseluruhan, catnya bopeng ato gk, fairingnya lecet ato gk, windshield, dll.nya. Pokoknya bener2 deh buat nomor 1 dan 2 ini juragan bener2 liat keseluruhannya mentereng/mengkilap ato gk, dari segi penampilan pas nih motor diliat. Klo perlu, kelilingin tuh motor sampe berapa kalipun setelitinya juragan. Kelilingin terus, liat dari atasnya, sampe bawahnya.

3) Nah, udah bisa diliat nomor 1 dan 2, coba nyalakan motornya. Nah pas kita mo nyalain motor, check juga tuh, kunci kontaknya, keadaannya gimana. Ini bagian yang lumayan vital juga juragan... Setelah di check n kemudian gk masalah nih rupanya, baru coba nyalain motornya. Check mesinnya kasar/nggak...

Nah, klo si penjualnya ini ngebolehin si motornya di test-ride, bolehlah kita lirik langkah berikutnya...

4) Nah, udah bisa diliat nomor 1, 2 dan 3, baru coba test-ride motornya. Klo juragan bisa (sedikit nekat), coba deh, sambil bawa riding di kecepatan yang agak tinggi di jalanan lurusan agak jauh, juragan lepas tuh tangan juragan dua2nya dari stangnya. CBR yang normal, yang pernah sejauh ini ane pernah bawa, klo bener2 baru gk pernah jatoh, seharusnya dia balance begitu kita lepas tangan. Klo gk balance, coba check segitiga bawah, ama segitiga atasnya, berikut komstirnya. Biasanya ini harga mati keseimbangan sebuah motor yang ada. Klo 3 hal tadi sempurna tapi masih tetep gk balance, berarti mungkin sebenernya ini motor pernah jatuh parah, bahkan mungkin sampe bodynya gk balance meskipun diliat secara kasat mata gpp. Lebih diteliti lagi aja pokoknya...

(nb: klo nomor 4 ini buat nge-check si balancenya CBR ini, si rider harus bener2 peka. Karena bisa aja sebenernya motornya dah balance, tapi feeling si ridernya gk pas sehingga kesannya seperti berat ke samping)

5) Sudah keseimbangan di check, dan masih oke, yaaaah bolehlah, test ride motornya dijalanan belokan, kira2 dibawanya enak ato nggak...

6) Final check, baru deh kelengkapan surat2nya...