Bagaimana cara Maintenance Radiator Motor CBR 150?

Bagaimana cara Maintenance Radiator Motor CBR 150? jadi ini bagian buat maintenance radiator motor CBR 150.

cbr radiator
kenapa sih penting ??

1. Radiator adalah salah satu poin vital dalam ketangguhan mesin, karena faktor pelepasan panas utama pada CBR150R. klo radiatornya problem ya pasti bisa overheat dengan cepet.
2. Radiator yg kotor bs menghambat pelepasan panas
3. Pembersihan saluran di dalam + kisi2 alumini penting sejalan dengan umur kendaraan
4. Buat ngecek ada yg bocor


peralaran apa aja yang harus disiapkan?
1. Tools kunci dan obeng
2. Keberanian
3. Radiator Coolant lebih dari 1Liter*

Bagaimana cara maintenance radiator CBR 150 ?
1. bongkar fairing kanan kiri
2. pastikan dulu mesin dah dingin (harusnya sblm bongkar fairing ya ?)
3. berdoa
4. pake obeng +, kendorin selang/hose radiator disebelah kanan motor (posisi deket rumah kopling mesin) kendorin dulu yg nyambung ma radiator
5. setelah clamp kendor, gantian kendorin yg nyambung ke arah blok crankcase (pompa radiator)
6. sediakan wadah buat nampung tu *RadiatorCoolant*
7. buka tutup radiator + lepas pelan2 selang yg diradiator tadi
8. puter selang ke arah bawah biar RC bisa dibuang + ati2 RC bakal ngucur dari radiator
9. masih ada 2 selang lagi yg harus d cabut, yg 1 selang kecil arah ke tangki reservoir yg ada di deket end cap radiator (posisi atas)
10. yg 1 lagi ada di belakang radiator, so, pindah posisi ke kiri motor, tu selangnya horizontal masuk ke arah dalem
11. selese selang2an, ganti baut pengikat lepas semua. ada yg di samping kiri, ma dibawahnya deket ma klakson
12. ude ? jangan d tarik2 dlu, lepas dulu baut pengikat kipas.. ada 2 kanan kiri tuh.
13. ok, copot
14. bersihin caranya rendem di air, sikat pake sikat halus + bensin pada bagian kisi2nya, bisa campur deterjen jg...
15. keringin deh klo udah. jemur dulu
16. pasang balik ke atas kaya yg tadi
17. nah cara isi RC nih penting. isi pake RC pelan2. ntar pasti penuh sampe atas end cap radiator.
18. jangan langsung selse dulu. nyalain motor, biarin idle. terus gas dikit sampe rpm 4rb aja, nah liatin tuh RC bakal turn, jadi kosong lagi. isi lagi yak
19. nah klo uda beres RC ga kurang2 lagi, tutup end cap.
20. the end